Contohlah Rassulullah

Ceramaah Aagym di TSM pagi pagi jam 9 an. Aa mengatakan

..bilamana kita tidak bahagia, jawabannya adalah sederhana. Hal tersebut disebabkan oleh jauhnya kita dari apa yang dicontohkan Rasul..

Aa mengingatkan kita untuk selalu bersyukur untuk semua rahmat Allah, selalu ingat hari akhir dan selalu ingat untuk berzikir.

aa-gym

Contohlah Rasul yang mukanya selalu cerah, wajah adalah cerminan hati. Bila hati sedang tidak enak, muka kita juga jadi tidak enak dilihat oleh siapapun. Kalau kita lagi enek atau jengkel sebaiknya jangan bikin penampakan deh. Kalau lagi jengkel gak usah ngomong apa apa, gak usah nulis apa apa, zikir aja kalau lagi jengkel.

Contohlah Rasul yang perkataannya sedikit tapi selalu baik dan benar, tidak berkata kecuali kata katanya benar dan bermanfaat. Rasul yang selalu berzikir.

Aa mengatakan bahwa ada 4 kuadran untuk karakter seseorang, yaitu baik vs jelek, lemah vs kuat.

Karakter pertama adalah balem (baik lemah) karakter ini bagus, tetapi tidak membawa perubahan pada segi kehidupan yang lebih besar dari dirinya.

Kedua, karakter yang jelem (jelek lemah) ngaco dan penakut, mau nyolong tapi kesiangan, dia rugi dan rugi sendiri.

Karakter berikut adalah karakter yang bahaya, jeku (jelek dan kuat), dia sombong, tukang tipu, tapi gigih dan kuat, tidak mau kalah dalam ngaco. Yang kita rindukan seperti akhlak rasul adalah karakter baku (baik dan kuat).

Apa saja fondasi sebuah karakter baku (baik dan kuat)?

Ada 3 fondasi baik rasul. Pertama, Ikhlas. Ikhlas adalah fondasi akhlak karimah, ikhlas itu bebas dari syirik. ikhlas itu putus harapan dari makhluk dan hanya berharap dari Allah. Ikhlas itu anteng, tulus aja, semua pasti ada balasannya.

Kedua, Jujur terpercaya. Rasul waktu muda dikenal dgn Al Amin, bukan dikenal sebagai si jago atau si pintar. Jujur adalah yang terpenting. Jujur terhadap diri sendiri, jujur melihat diri sendiri, tidak akan bangga ketika dipuji dan cacian tidak akan terlalu sakit hati. Hidup itu apa adanya aja, just the way you are. Orang itu sering tidak jujur terhadap dirinya sendiri, barang siapa dia jujur mengantarkan pada kebaikan, kebaikan mengantarkan pada surga.

Ketiga, Tawadu. Barang siapa tawadu karena Allah, maka Allah akan mengangkat derajatnya. Sombong itu terbelenggu pada kebodohan. Jangan meremehkan orang lain, janganlah kamu sombong. Aa mengatakan untuk selalu melakukan 5S senyum sopan salam dll adalah tanda tawadu.

Ada 3 fondasi kuat rasul. Pertama, Berani. Berani memilih apa yang Allah sukai. Berani menolong orang yang didzolim, jelas.

..berani menolong orang yang dzolim, bagaimana caranya? yaitu dengan mencegah kedzolimnya..

Kedua, Disiplin. Air menetes, bilamana disiplin, batu bisa sampai bolong. Umat muslim adalah umat paling disiplin, terbukti 7.4 juta orang di Jakarta waktu 212, bersih rapi dan teratur. Lakukan disiplin waktu. Lakukan disiplin bersih, bersih hatinya dan juga bersih lingkungannya. Lakukan disiplin niat, disiplin salam, disiplin dalam menjaga keselamatan orang lain, disiplin jaga hati dan disiplin lainnya.

umat-muslim-bersatu-009Ketiga, Tangguh. Pribadi tangguh pantang mengeluh. Ingatlah pepatah yang mengatakan bahwa makin tinggi suatu pohon, makin kencang angin yg menerpanya. Berat ringannya ujian bukan karena ujiannya, tapi ditolong apa tidak ama Allah, kalau ujian sekolah minta tolong guru adalah masalah, ujian hidup kalau tidak meminta tolong pada Allah, adalah masalah (Aagym, 8/12/16)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s