Info sinbiotik

Kacang-kacangan mengandung oligosakarida tidak tercerna, tapi menguntungkan bagi bakteri probiotik, sehingga kacang-kacangan dapat sebagai prebiotik gabungan dari prebiotik dan probiotik disebut simbiotik.

 Jadi yoghurt yang dibuat dari susu kacang-kacangan tergolong produk simbiotik (Koswara, 1995).
Susu terfermentasi dikonsumsi karena kesegaran, aroma, dan teksturnya yang khas. Jumlah konsumsi susu terfermentasi berbeda di beberapa negara. Konsumsi ter-tinggi di Belanda, yaitu 13,7 kg/kapita/tahun, diikuti Swiss 7,5 kg dan Perancis 6,1 kg. Di Indonesia, yoghurt sudah dikenal, namun belum memasyarakat (Koswara, 1995).
Beberapa tahun terakhir produk yoghurt semakin populer, meskipun masih terbatas di kota besar (Koswara, 1995). Starter dari BAL lokal unggul yang sesuai untuk pengembangan protein nabati terfermentasi perlu dikembangkan, selain untuk menggali potensi sumber daya alam Indonesia, juga untuk mendapatkan starter yang sesuai dengan produk akhir yang diinginkan.
Dalam keadaan normal,  populasi bakteri dalam ekosistem saluran pencernaan orang sehat yang mengkonsumsi diet berimbang umumnya stabil. Perubahan pola hidup, pola makan dan kondisi sakit mengubah stabilitas ekosistem tersebut. Bertambahnya bakteri patogen dapat disebabkan diet yang tidak seimbang, pola hidup tidak teratur, diare, ataupun konsumsi antibiotika yang berlebihan (Syarif, 2006).
Bakteri yang baik disebut sebagai probiotik, misalnya  Bifidobacteria, Lactobacillus dan Eurobacteria. Pertumbuhan probiotik dapat dipertahankan atau ditingkatkan dengan mengkonsumsi probiotik secara langsung ataupun secara tidak langsung lewat makanan yang mengandung prebiotik yang berfungsi untuk memberikan nutrisi sebagai sumber energi bakteri probiotik. Berangkat dari fenomena ini, dapat dilakukan manajemen mikroflora usus : proporsi mikroflora ditingkatkan, dan bakteri patogen ditekan jumlahnya. Caranya adalah dengan mengkonsumsi bakteri probiotik, dan menyediakan nutrisi (prebiotik) sesuai untuk bakteri probiotik agar dalam usus berkembang lebih pesat (prebiotik) (Duggan, dkk, 2000 cit : Gibson, 1998).
II.3.1 Prebiotik

Prebiotik berupa kelompok oligosakarida, seperti rafinosa, stakhiosa, galakto-oligosakharida, frukto-oligosakharida, inulin, serta beberapa jenis peptida dari protein, tidak dapat dicerna manusia, sehingga mencapai usus dan mendukung pertumbuhan bakteri non-patogen dalam usus. Sedangkan bakteri patogen tidak menyukai jenis nutrisi ini, sehingga pada akhirnya bakteri non-patogen mendominasi populasi. Oligosakarida juga turut menciptakan suasana asam dalam usus dan mengikat zat-zat merugikan seperti amonia yang bila dibiarkan akan menyuburkan pertumbuhan bakteri merugikan. Oligosakarida juga memperbaiki penyerapan kalsium (Duggan, dkk, 2000 cit : Gibson, 1998; Macfarlane dan  Cummings, 1999).
II.3.2 Probiotik
Probiotik dapat menciptakan suasana asam yang menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan merangsang pergerakan usus agar bakteri patogen cepat terbuang ke luar tubuh. Probiotik juga mengaktifkan sistem kekebalan saluran cerna, mencegah bakteri patogen, menempel di dinding usus  dan menghasilkan zat hidrogen peroksida yang dapat membunuh kuman. Selan itu, probiotik memproduksi berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B6, B12, asam nikotinat, asam folat, dan biotin yang bermanfaat bagi tubuh (Reid, dkk, 2003).
Contoh bakteri probiotik adalah bakteri asam laktat dan Bifidobacteria yang secara alami terdapat dalam saluran pencernaan manusia dan hewan, dan dalam makanan fermentasi seperti yakult, yogurt, keju, berbagai produk alami, pikel buah dan sayuran, dan dikenal aman (status GRAS, Generally Recognized as Safe). Tidak semua bakteri laktat bersifat probiotik, dan hanya jenis bakteri laktat tertentu menempati saluran pencernaan (Duggan, dkk, 2002).
Bakteri probiotik dan sudah melalui uji klinis, di antaranya adalah Lactobacillus casei subsp. casei Shirota strain yang terdapat dalam yakult, Bifidobacterium dan Lactobacillus acidophilus. Bakteri yogurt, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus tidak termasuk bakteri probiotik; meskipun enzim yang dihasilkan mengatasi intolerasi laktosa, namun tidak bisa lolos berbagai rintangan dalam saluran pencernaan untuk tetap hidup di usus. Yogurt biasanya ditambah Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan (Duggan, dkk, 2002).
Banyak cara untuk memanipulasi komposisi flora usus menjadi kelompok yang lebih memiliki nilai tambah. Prebiotik, sebagai suplemen makanan yang terdiri atas mikroba yang memiliki kegunaan mempengaruhi manusia dengan cara meningkatkan keseimbangan microbial saluran pencernaannya dan digunakan untuk merubah komposisi atau susunan koloni microbial (Duggan, dkk, 2002).
Bagaimanapun, beberapa perubahan perlu dilakukan dan implantasi bakteri eksogen menjadi terbatas. Sebaliknya, asupan prebiotik dapat mengatur koloni mikroba secara signifikan dengan cara meningkatkan jumlah bakteri spesifik dan kemudian merubah komposisi mikrobiota usus. Secara umum, oligosakarida yang tidak dapat dicerna, terutama fruktooligosakarida adalah prebiotik (Duggan, dkk, 2002).
Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan dilaporkan tentang berbagai manfaat prebiotik. Prebiotik termasuk makanan fungsional yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh sehingga mempunyai efek positif bagi kesehatan. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa prebiotik yang tidak diserap mempunyai efek pencahar ringan sehingga mengurangi resiko terjadinya sembelit pada anak. Prebiotik yang berupa serat tersebut akan difermentasi oleh bakteri sehingga menhasilkan suatu zat berupa asam lemah rantai pendek (short chain fatty acid=SCFA) yang berguna sebagai sumber makanan bagi usus, terutama usus besar (Duggan, dkk, 2002).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s