Info Diabetes Melitus

Dr Josef Niebauer, melalui penelitian yang dipublikasikan luas menyatakan bahwa latihan moderat/dengan intensitas sedang, setiap hari selama 30 menit, akan mengurangi resiko DM sampai 75% dan menyebabkan toleransi pada kadar gula yang meninggi sampai 50%.

Karenanya, dianjurkan untuk melakukan pembakaran setara dengan takaran 1000-2000 kkal tiap minggunya

Latihan aerobik dilakukan dengan menggerakan otot besar sebanyak mungkin, misalnya dengan berlari, bersepeda, berenang atau joging dengan mengunakan denyut nadi sebagai patokan

Setelah pemanasan yang dilakukan, kita dapat melakukan latihan inti dan memacu denyut jantung kita sampai 130-150 denyut permenit dan dipertahankan selama 20-30 menit, kemudian diakhiri dengan pendinginan, yaitu geraka ringan yang makin menurun, dikombinasi dengan peregangan lain

Dengan cara latihan tadi, akan terjadi perbaikan dalam kadar gula darah dan lebih dari itu penggunaan obat obatan akan jauh berkurang

Ref :
 Dokter kita, edisi  nov 2008, ed 11

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s